Selasa, 25 Mei 2010

Tips Memulai Bisnis

1. Ide.
Ide sangat penting untuk memulai suatu usaha. Ide kreatif dan baru dapat menjadi daya tarik bagi pasar.
2. Tujuan
Menentukan tujuan dalam memulai suatu usaha sangat penting, karena dengan adanya tujuan maka kita dapat melihat dan menentukan target dan jalan yang akan kita tempuh selama menjalankan usaha.
3. Konsep.
Setelah anda mendapatkan ide untuk memulai usaha, alangkah baiknya anda mulai untuk membuat konsep yang matang tentang langkah apa saja yang nantinya akan kita gunakan untuk mencapai target dan tujuan yang telah kita tetapkan.
4. Sumber Modal.
Menetukan sumber modal untuk memulai usaha dan melakukan perhitungan yang matang agar usaha yang kita jalani dapat berjalan dengan lancar.
5. SDM
Kita juga harus pandai dalam memilih dan menentukan SDM untuk mendukung dan menjalankan usaha yang akan kita kelola. Apabila kita menjalankan bisnis itu sendiri tanpa adanya campur tangan pihak lain, maka ada baiknya kita menguklur kemampuan dan keterampilan kita apakah sudah cukup untuk menunjang bisnis yang akan kita jalani.
6. Segmentasi pasar
Apabila kita sudah betul-betul siap untuk menjalankan bisnis jangan pernah melupan untuk menentukan siapa segmen kita (calon konsumen kita). Ada baiknya kita terus melakukan pengamatan dan survey ke lapangan untuk melihat bagimana tingkah laku pasar yang akan menjadi target kita. lakukan survey secara berkala dan terus menerus.
7. Promosi
Promosi merupakan salah satu senjata penting dalam menjalankan bisnis. Keberhasilan dalam menawarkan produk barang/ jasa dalam dunia bisnis sangat dipengaruhi oleh promosi yang digunakan. manfaatkanlah media yang tersedia untuk melakukan promosi asalkan tidak melanggar norma-norma yang berlaku.
8. Mengatur keuangan
Uang merupakan hal yang paling sensitif, jika terdapat kesalahan dalam perhitungan maka dapat mengakibatkan kerugian, ada baiknya kita harus berusaha jujur terhadap penggunaan keuangan dari kas usaha kita, jangan pernah mencampurkan keuangan dari usaha kita dengan keuangan kebutuhan kita.
9. Pembukuan
Buat seabuah laporan pembukuan secara berkala untuk mengetahui perkembangan usaha kita. Laporan pembukuan harian, bulanan, per 3bulan, dan tahunan.
10. Optimis
Dalam menjalankan usaha dibutuhkan sifat optimis dan mental yang tahan banting untuk sukses. persiapkanlah diri anda untuk mengalami kekecewaan dan kerugian, dan apabila kita memiliki sifat optimis dan mental baja maka kerugian yang kita alami bukanlah sebuah bencana, melainkan sebuah pelajaran yang berharga untuk meraih kesuksesan.

Semoga Tips sederhana dari saya ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca...
Jika anda memiliki niat untuk membuka usaha, maka segeralah lakukan dan jalankan ide usaha itu...tanpa menjalankan ide itu kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar